SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA -- PENDIDIKAN ADALAH TIKET MENUJU MASA DEPAN, HARI ESOK DIMILIKI OLEH ORANG -ORANG YANG MEMPERSIAPKAN DIRINYA SEJAK HARI INI #MALCOLM X

Rabu, 19 Juni 2013

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARI SD s/d SMA sederajat berikut ANALISIS SISTEM YANG IDEAL



Berbicara tentang keunggulan dan kekurangan sistem pembelajaran dari SD s/d
SMA sederajat, akan lebih baik kita mengetahui arti dari pembelajaran itu sendiri Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
         Untuk berikutnya, saya akan mencoba membuat pendapat mengenai keunggulan dan kekurangan sistem pembelajaran SD s/d SMA sederajat yang pernah saya tempuh.
        Pertama, untuk keunggulan sistem pembelajaran pada saat saya SD, saya diberikan banyak latihan –latihan pada guru sehingga mudah dimengerti ,karena kita bertindak secara langsung. Adapun kekurangan sistem pembelajarn di SD , tidak ada nya metode pembejaran kelompok sehingga siswa tidak dapat bertukar pikiran dan pendapat.
       Kedua, untuk keunggulan sistem pembelajaran pada saat saya SMP, saya diberikan lebih banyak diberikan latihan-latihan dan diberikan metode pembelajaran secara berkelompok sehingga saya dapat bertukar pikiran sesama teman kelompok. Adapun kekurangannya , siswa kurang diberikan praktek-praktek ,seperti bialogi, fisika dll.
        Ketiga, untuk keunggulan sistem pembelajaran pada saat saya SMK,  saya diberikan kompetensi keahlian yaitu gambar bangunan dan saya diberikan pembelajaran diluar sekolah atau praktek kerja industri. Adapun kekurangannya tidak lengkapnya meja gambar untuk siswa.
“Jadi dapat saya analisis bahwa kesimpulannya di dalam pelaksanaan sistem itu harus di dukung oleh berbagai aspek, dan sistem yang baik saya rasa adalah dengan cara-cara yang lebih aktif misal mengadakan proses diskusi kelompok agar siswa siswi tidak merasa monoton dan bosan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar