Berbicara tentang keunggulan
dan kekurangan sistem pembelajaran dari SD s/d
SMA
sederajat, akan lebih baik kita mengetahui arti dari pembelajaran itu sendiri
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan
pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran
merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan
ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap
dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah
proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Untuk berikutnya, saya akan mencoba membuat pendapat mengenai keunggulan dan kekurangan sistem pembelajaran SD s/d SMA sederajat yang pernah saya tempuh.
Pertama, untuk keunggulan sistem pembelajaran pada saat saya SD, saya diberikan banyak latihan –latihan pada guru sehingga mudah dimengerti ,karena kita bertindak secara langsung. Adapun kekurangan sistem pembelajarn di SD , tidak ada nya metode pembejaran kelompok sehingga siswa tidak dapat bertukar pikiran dan pendapat.
Untuk berikutnya, saya akan mencoba membuat pendapat mengenai keunggulan dan kekurangan sistem pembelajaran SD s/d SMA sederajat yang pernah saya tempuh.
Pertama, untuk keunggulan sistem pembelajaran pada saat saya SD, saya diberikan banyak latihan –latihan pada guru sehingga mudah dimengerti ,karena kita bertindak secara langsung. Adapun kekurangan sistem pembelajarn di SD , tidak ada nya metode pembejaran kelompok sehingga siswa tidak dapat bertukar pikiran dan pendapat.
Kedua, untuk keunggulan sistem
pembelajaran pada saat saya SMP, saya diberikan lebih banyak diberikan
latihan-latihan dan diberikan metode pembelajaran secara berkelompok sehingga
saya dapat bertukar pikiran sesama teman kelompok. Adapun kekurangannya , siswa
kurang diberikan praktek-praktek ,seperti bialogi, fisika dll.
Ketiga, untuk keunggulan sistem
pembelajaran pada saat saya SMK, saya
diberikan kompetensi keahlian yaitu gambar bangunan dan saya diberikan
pembelajaran diluar sekolah atau praktek kerja industri. Adapun kekurangannya
tidak lengkapnya meja gambar untuk siswa.
“Jadi
dapat saya analisis bahwa kesimpulannya di dalam pelaksanaan sistem itu harus di
dukung oleh berbagai aspek, dan sistem yang baik saya rasa adalah dengan
cara-cara yang lebih aktif misal mengadakan proses diskusi kelompok agar siswa
siswi tidak merasa monoton dan bosan”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar