SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA -- PENDIDIKAN ADALAH TIKET MENUJU MASA DEPAN, HARI ESOK DIMILIKI OLEH ORANG -ORANG YANG MEMPERSIAPKAN DIRINYA SEJAK HARI INI #MALCOLM X

Senin, 01 April 2013

PENINGKATAN SKILL PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK AGAR TERCIPTANYA SDM YANG BERKUALITAS



   Oleh : Madya Widianto

Peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu penekanan dari tujuan pendidikan nasional, seperti yang dituliskan dalam Undang –Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 yang berbunyi :

“Pendidikan nasional bertujuan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

           Dengan adanya undang –undang tersebut, maka pendidikan harus menjadi prioritas dan orientasi utama guna mencapai masa depan bangsa yang lebih baik.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu komponen yang patut dikembangkan dalam pendidikan di Indonesia. Di era perdagangan bebas, tuntutan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang terampil di bidangnya mutlak diperlukan.
Dalam konteks inilah diperlukan peningkatan skill SDM di SMK terkhusus jurusan Teknik  Gambar Bangunan. Program keahlian teknik gambar bangunan (TGB) merupakan sub –program dari program studi teknik bangunan yang mempersiapkan peserta didiknya untuk menjadi tenaga profesional dibidang gambar bangunan. Peserta didik pada program keahlian teknik gambar bangunan disiapkan untuk menjadi tenaga profesional pada perusahaan –perusahaan atau lembaga yang berhubungan dengan konstruksi bangunan. Oleh karena itu skill atau keterampilan dalam menggambar menjadi kunci keberhasilan mereka agar mampu bersaing dalam dunia kerja sekaligus sebagai pencapaian dari tujuan pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Berkaitan dengan itu, maka peserta didik pada program keahlian TGB harus memiliki prestasi belajar yang baik terutama pada mata pelajaran kompetensi dasar kejuruan. Dalam hal ini mata pelajaran Menggambar teknik dasar merupakan salah satu mata pelajaran kompetesi dasar kejuruan yang mutlak dikuasai peserta didik TGB pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tidak hanya itu peserta didik TGB perlu menguasai pengetahuan  pelajaran Auto CAD untuk menunjang skill peserta didik.
Dalam pekerjaan bangunan peserta didik TGB harus mengetahui beberapa tahapan –tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengawasan. Adapun penjelasan dari tiga tahapan tersebut, pertama tahap perencanaan : tahap ini dimana gedung atau bangunan yang akan dibangun direncanakan secara benar. Kedua, tahap pelaksanaan : tahap ini dimana bangunan yang telah direncanakan mulai dikerjakan sesuai dengan gambar rencana. Ketiga, tahap pengawasan : tahap ini dimana akan didapat mutu suatu bangunan yang dibangun sudah memenuhi syarat atau tidak.
Di SMK dikenal uji kompetensi , yang mana dilaksanakan untuk mengetahui standar minimum kemampuan skill SDM yang harus dimiliki perserta didik terkhusus program keahlian teknik gambar bangunan.
Dapat disimpulkan seorang peserta didik dapat dikatakan telah mencapai perkembangannya secara optimal apabila siswa tersebut dapat memperoleh pendidikan dan meraih prestasi belajar yang sesuai dengan bakat, kemampuan dan minat yang dimilikinya.






Semarang, 04 april 2013







Madya Widianto








Tidak ada komentar:

Posting Komentar